Latest Updates

Representasi Multimedia


Multimedia sudah banyak digunakan dalam dunia pendidikan . Dapat dilihat untuk materi pengajaran pada anak - anak sudah banyak dibuat dalam bentuk permainan contohnya materi tentang matematika dibuat menjadi permainan yang menyenangkan sehingga anak - anak sangat mudah memahami materinya . Menurut Barbara Schroeder (2010) ada sejumlah alasan menggunakan multimedia dalam kelas pengajaran , yaitu diantaranya adalah pengajar dapat menarik perhatian pelajar , menjelaskan materi yang sulit dengan lebih mudah dipahami dan menyenangkan .

Keuntungan menggunakan multimedia sebagai media pembelajaran yaitu :

1. Portability . Yaitu dapat belajar di mana saja . dengan peralatan komputer yang dimiliki seperti laptop atau smartphone , pelajar bisa membaca materi di mana saja , tidak tergantung pada tempat dan waktu.

2. Flexibility . Materi pembelajaran dapat langsung mensimulasikan
dan pelajar juga dapat mencari tambahan pengetahuan secara online dan langsung didiskusikan dengan pengajar sehingga didapat pemahaman yang baru mengenai topik yang didiskusikan.
   
3. Individualized Learning . Berbagai macam sumber daya multimedia dapat memenuhi kebutuhan dari berbagai tipe pembelajar . Tipe pembelajar secara visual dapat menggunakan video online , sedangkan pembelajar secara auditory dapat mendengar streaming audia . Dan apabila pelajar belum terlalu paham dapat memutar kembali video tutorial tentang materi yang dipelajari.
   
4. Collaboration and community building . dengan adanya jaringan sosial media memudahkan pelajar untuk saling berinteraksi dengan guru maupun teman - teman belajarnya , bahkan tidak hanya teman dari satu negara bahkan bisa berhubungan dengan teman dari negara lain . ada materi yang bagus dari negara lain dapat segera dibagikan pada teman - teman lain agar mendapatkan manfaat juga .
   
5. A Broader view of the world . dengan adanya sumber daya multimedia , pelajar dapat mudah mempelajari budaya dari Negara lain melalui gaya bahasa , tempat - tempat yang bisa dikunjungi serta ciri khas dari suatu negara . Hal ini menambah wawasan secara global dan memudahkan berinteraksi dengan teman dari budaya lain.

0 Response to "Representasi Multimedia"

Post a Comment